Sukacita/Dukacita nich?

kehilangan seseorang yang kita sayang ato at least yang kita kenal pasti menoreh (ciee…) kesedihan, entah dalem, dangkal, lebar, pendek (dah mulai ngaco nih).

trus maksudnya? hmm…begini mengungkapkan kata belasungkawa itu ternyata tidak semudah yang dipikirkan. banyak orang yang jadi salah ucap saat pergi melayat. entah karna terlalu sedih, grogi ato kebanyakan mikir kata-kata yang pantes untuk keluarga yang ditinggalkan.jadinya malah ngawur.bukannya turut bersedih.

beda agama, beda suku, mungkin beda gender juga bisa berakibat beda cara penyampaian kata belasungkawa.

nih ada cerita waktu ngelayat yang beda agamaya kalo gak tau cara suatu agama menyampaikan belasungkawa ya gak usah sok tau. gini nih, yg meninggal beragama islam, trus ada seorang kristen yang melayat, dasar sok tau, wong gak ngerti apa-apa, dia  salam pake amplop sambil bilang ke ibu yang berduka ini, “alhamdullilah bu, anaknya meninggal, semoga ibu tabah dan sabar ya.” buset dah, untung pas nyalam, dikasih amplop, kalo kaga digampar deh. herannya orang-orang yang melayat malah pada ketawa dengerin tuh kata alhamdullilah (baca: innalillahi wainnalillahi rojiun).

kok, rasanya sulit juga ya ngucapin belasungkawa. mungkin karena juga bingung juga harus gimana. ada temen yang bilang waktu ibu teman meninggal ,”met berdukacita”. walah, yang ini parah juga. untung gak ditambahin kata “semoga sukses”. ada juga yang pas pidato untuk si almarhum malah bilang “kita semua disini turut bersukacita”. jeh,….parahh bgt. memang sih cuman beda 1 huruf, tapi artinya beda bangetzzz. (tuolong…!)

ucapan belasungkawa memang jadi rawan diucapkan apabila kita gak mempersiapkan sebelumnya. salah-salah bicara bisa jadi kacau suasana.
one thing, can or can’t, saying condolence is really important to show our attention.
but, say it correctly please.

Advertisements

2 thoughts on “Sukacita/Dukacita nich?

  1. sPaRkLiNg DiAmOnD says:

    gw tau nih, siapa-siapa aja tokoh yg dimaksud diatas… hehehe…

    tokoh pertama adalah seorang ibu batak beranak tiga, bersuamikan marga sipahutar, yg bilang: “alhamdulillah ya bu anaknya meninggal”.

    tokoh kedua adalah salah satu temen karibnya keket yg bilang met berduka cita, ciri-ciri si teman karib ini adalah berambut keriting namun lurus di bawah (akibat rebonding), berkacamata, dan bisa main keyboard. kalo diajak ngomong hitler, dia pasti terbengong2.. coz si teman karib ini ternyata kagak tau sapa itu hitler !! buset dah..

    nah kalo yg gucapin turut bersuka cita adalah, tak lain dan tak bukan adalah si penulis blog sendiri.. hehehehe dah ketebak bgt dehhh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s